phone: +420 776 223 443
e-mail: support@londoncreative.co.uk

Sabtu, 03 September 2016

asal usul daerah Angke jakarta

Adalah sebutan satu kampung yang populer dengan mesjid tua yang bernama Mesjid Al – Anwar, yang di bangun sekitaran th. 1714. Saat ini kampung Angke, Kecamatan Tambora Jakarta Barat. pada awalnya daerah angke ini menjadi wilayah daerah jakara selatan sebelum seperti sekarang menjadi jakarta barat.

Asal – usul kata angke datang dari bhs Cina dengan dua suku kata, yakni ang yang berarti darah serta Ke yang berarti bangkai. Kampung ini diberi nama Angke lantaran ada momen histori yang begitu terkait dengan histori kota Batavia. Pada th. 1740 saat berlangsung pemberontakan orang – orang Cina di Batavia, beberapa ribu orang Cina dibantai oleh Belanda.


Mayat orang – orang Cina yang bergelimpangan dibawa serta dihanyutkan ke kali yang ada didekat momen itu, hingga kampung serta kali yang penuh dengan mayat itu ditukar masyarakat dengan nama Kali Angke serta kampung Angke. Sebelumnya momen itu berlangsung, kampung itu namanya yaitu kampung Bebek, hal semacam ini lantaran orang Cina yang tinggal dikampung itu banyak yang berternak bebek.

Tempat kampung bebek begitu strategis untuk pelihara bebek lantaran dekat dengan sungai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar